Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Pasca Gempabumi 30-9-2009 di Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat

Aslimeri, Aslimeri and Oriza, Candra (2014) Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Pasca Gempabumi 30-9-2009 di Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. In: 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training: Approaches and Achievements in TVET Personnel Professional Development., 12-15 November 2014, Bandung.

[img]
Preview
Text
PROSIDIDNG BANDUNG UPI International Conference - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro hidro dimulai dengan Survey potensi air, dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi awal potensi tenaga air sebagai dasar dalam perencanaan dan pembangunan PLTMH. Survey potensi ini meliputi penentuan lokasi dan pengukuran head menggunakan global positioning system merek Garmin tipe GPSMAP 76CSx. Selain menggunakan altimeter, pengukuran beda ketinggian juga dilakukan secara manual menggunakan meteran dengan metode spirit level and string. Pengukuran debit air sungai dilakukan dengan mengukur kecepatan arus sungai menggunakan propeller devices atau current meters merek Flowatch. Dari data survey potensi PLTMH di Kabupaten Pasaman barat tersebut dapat diketahui bahwa terdapat enam lokasi yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai lokasi PLTMH dengan head efektif 6 sampai 20 meter dan daya keluaran 6 kW sampai 50 kW.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 Jan 2020 00:45
Last Modified: 02 Jan 2020 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24446

Actions (login required)

View Item View Item