Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Negeri 1 Lahat dengan Metode Mind Mapping

Agustin, Kiki Ratna (2019) Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Negeri 1 Lahat dengan Metode Mind Mapping. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KIKI_RATNA_AGUSTIN_15138101_1371_2019.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran sering dijumpai hal-hal yang tidak mendukung dalam rangka pencapaian hasil belajar seperti minat atau keinginan siswa dalam belajar yang relatif masih rendah, beberapa kompetensi dasar sebagai tujuan pembelajaran yang belum mampu tercapai sesuai dengan standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diharapkan dan sebagainya, sehingga perlu dilakukan upaya atau langkah konkret untuk meningkatkan minat atau motivasi belajar pada siswa. Permasalahan yang sama juga terjadi pada siswa kelas X, khususnya kelas X TAV. Hal ini tampak dari dua kali hasil tes materi getaran, gelombang dan bunyi pada mata pelajaran Fisika. Dari data yang ada diperoleh kesimpulan bahwa pada tes tertulis pertama hingga kedua, hanya ada 35% dari 27 siswa yang mendapat nilai 72 ke atas (batas ketuntasan), sedangkan sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah 72. Adapun tujuan dari penilitian ini adalah penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini memusatkan objek penelitiannya kepada semua hal yang ada di dalam kelas, baik yang fisik maupun non fisik. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terbagi dalam beberapa siklus. Setiap siklus memiliki empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Lahat pada kelas X TAV pada semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 27 orang anak laki- laki. Karakteristik kelas X TAV ini secara kemampuan adalah kelas yang heterogen. Berdasarkan analisis perolehan hasil belajar pada prasiklus rata-rata nilai siswa 54,4. Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 73. Rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 83. Dari peningkatan hasil belajar siswa ini disimpulkan penggunaan metode mind mapping sangat efektif dalam pembelajaran fisika. Pada aspek minat belajar siswa, pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan media serta metode menjadi faktor utama dalam peningkatan minat belajar siswa. Pada siklus I capaian minat siswa dalam pembelajaran mencapai 65%. Pada siklus II capaian minat belajar siswa adalah 75%. Ini menjelaskan dengan penggunaan metode mind mapping minat belajar siswa meningkat lebih kurang 10%. Secara keseluruhan metode pembelajaran mind mapping dapat menigkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran fisika pada siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Lahat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:35
Last Modified: 11 Dec 2019 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24371

Actions (login required)

View Item View Item