Pengembangan Media Pembelajaran Flash Flipbook Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X SMK.

Ridoh, Ahmad (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Flipbook Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_AHMAD_RIDOH_15138053_5064_2019.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil sobservasi terhadap siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Adzkia Padang, ditemukan bahwa media pembelajaran yang telah ada seperti papan tulis dan powerpoint memiliki kekurangan dan hanya dapat digunakan pada saat pembelajaran dikelas hal ini menyebabkan siswa tidak dapat mengulangi materi yang disampaikan guru secara mandiri diluar lingkungan sekolah. Selanjutnya sumber belajar seperti buku teks dan jobssheet masih memiliki kekurangan hal ini mengakibat kurangnya motivasi minat baca siswa dan menghabat langkah kerja dalam proses pembelajaran dan praktek berlansung. Berdsarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flash flipbook berbasis web yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X SMK. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dan model pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah model 4D (four-D). Model 4D ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Media pembelajaran flash flipbook berbasis web ini rancang mengunakan aplikasi flipbook marker dan bahasa HTML, bahasa pemrograman PHP serta javascript. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) validitas media pembelajaran flash flipbook berbasis web dinyatakan valid pada penilaian aspek perangkat lunak, aspek media pembelajaran dan aspek isi materi dengan rata-rata 0,91 dengan kategori valid; (2) peraktekalitas media pembelajaran flash flipbook berbasis web ditentukan oleh respon guru dan siswa pada 2 SMK yang berbeda dengan rata-rata oleh kedua respon guru sebesar 88,92% dengan kategori valid dan respon siswa pada setiap smk dengan rata-rata 87,44 % dengan kategori praktis. (3) efektifitas media pembelajaran flash flipbook berbasis web ditentukan dengan cara mebandingkan nilai pre-test siswa sebelum mengunkan media pembelajaran flash flipbook berbasis web dan post-test siswa sesudah mengunakan media pembelajaran flash flipbook berbasis web secara klasiskal dan uji t berpasangan. Berdasarkan test hasil belajar siswa setelah mengunakan media pembelajaran diproleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (85%) dari 20 siswa dan uji t berpasangan menunjukan tingkat perbedaan secara signifikan antara pre-test dan pos-test sebesar 0,028 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash flipbook berbasis web efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatife pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:57
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24341

Actions (login required)

View Item View Item