Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lahat.

Taufik, Muhamad Noor (2019) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMAD_NOOR_TAUFIK_15138105_1368_2019.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMK Negeri 1 Lahat, didapati beberapa masalah antara lain nilai matematika rata-rata di bawah KKM, dan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning yang banyak melibatkan aktivitas siswa, (2) untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lahat. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analysis dilakukan dengan cara menggali dan mengumpulkan informasi-informasi penting terkait dengan masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika. Tahap design dilakukan dengan merancang draf awal dari bahan ajar. Tahap development merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi dosen ahli dan guru, lalu dilakukan uji coba terbatas di SMK Negeri 1 Lahat. Tahap implementation dilakukan pengujian tes hasil belajar siswa untuk mengetahui keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan. Pada tahap ini juga dilakukan pengisian angket respons yang di isi oleh guru dan siswa. Terakhir adalah tahap evaluation, peneliti melakukan evaluasi pada tiap tahapan pengembangan bahan ajar untuk mengetahui apakah produk pengembangan sudah valid, praktis dan efektif sehingga dapat diaplikasikan atau belum dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek validitas, persentase nilai validasi bahan ajar rata-rata 87,5% dan validasi rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 95% artinya bahan ajar yang dikembangankan dalam kriteria valid. Pada aspek praktikalitas, hasil angket respon guru sebesar 90% berada pada kategori sangat baik, dan respon siswa sebesar 81% artinya bahan ajar yang dikembangkan dalam kriteria sangat praktis. Pada aspek efektivitas, diketahui dari hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest dimana rata-rata ketercapaian kriteria ketuntasan minimal sebesar 32,99%. Penggunaan bahan ajar ini memberi pengaruh sebesar 0,38 yang berada dalam kategori sedang. Selanjutnya hasil belajar siswa pada aspek afektif memperoleh nilai persentase rata-rata 87,19% dan nilai siswa pada aspek psikomotor memperoleh persentase rata-rata 83,72%. Hasil ini memberi gambaran bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis problem based learning sudah efektif dilaksanakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:57
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24338

Actions (login required)

View Item View Item