Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) pada Siswa Kelas IX.A SMPN.1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Putri, Arina Ida (2019) Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) pada Siswa Kelas IX.A SMPN.1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ARINA_IDA_PUTRI_17161004_4881_2019.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuanTeka-TekiSilang (Crossword Puzzle)di kelas IX.A SMPN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX.A yang berjumlah sebanyak 22 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi penelitian untuk melihat perubahan dan peningkatan partisipasi belajar siswa pada siklus I dan II. Untuk melihat hasil belajar dengan menggunakan tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasilpenelitiantentangpartisipasibelajarsiswamenunjukkanpartisipasi belajar siswa pada pra siklus adalah 43% dan mengalami peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 70 % kemudian mengalami peningkatan lagi di siklus 2 menjadi 82 %.Kemudian hasiltes belajar untuk mengetahui hasilbelajarsiswamenunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.Hasilbelajarpadaprasiklusadalahsebesar 36%, kemudiansetelahdilakukantindakanpadasiklus 1 meningkatmenjadi 81,82%, kemudianpadasiklus 2 kembalimeningkatdengan rata-rata sebesar 90,90%. Hal iniberarti berdasarkan hasil observasi dan tes belajar yang sudah dilakukan diketahui bahwa partisipasi danhasilbelajarsiswa dalam mengikuti pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan media Teka Teki Silang (TTS) jauh lebih baik dari siklus sebelumnya. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru lebih baik dan fokus. Siswa sudah berani bertanya, berani menjawab pertanyaan yang disampaikan guru secara individual. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaan model STAD dengan media teka-teki silang pada pelajaranIPS kelasIX.A dapat menyebabkan partisipasidan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:57
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item