Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mempersiapkan Diri Remaja Putri dalam Menghadapi Perubahan Fisik

Safitri, Amelia (2019) Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mempersiapkan Diri Remaja Putri dalam Menghadapi Perubahan Fisik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AMELIA_SAFITRI_15151004_4745_2019.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan fisik sangat penting bagi remaja putri. Mempersiapkan diri ini akan membantu remaja putri untuk menyesuaikan dan menjadi acuan dalam melakukan suatu tindakan. Kurang siapnya remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik akan menimbulkan permasalahan-permasalahan seperti; cemas, gelisah, risau, takut, tidak percaya diri, kurang tidur, gangguan makan, dan terganggunya tugas perkembangan masa dewasa. Kesiapan diri remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik merupakan hal yang perlu untuk dipelajari dan dikembangkan. Salah satunya melalui pelayanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan media berbentuk modul. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul layanan informasi untuk mempersiapkan diri remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik yang layak secara isi dan tampilan, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul layanan informasi untuk mempersiapkan diri remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik oleh guru kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk uji kelayakan isi modul, 3 orang ahli untuk uji kelayakan tampilan modul, 5 orang guru SD dan 30 siswa untuk menilai keterpakaian modul. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk penelitian dan diskusi kelompok. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik non parametrik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul yang dikembangkan beserta panduan penggunaannya, berada pada kategori layak secara isi dan tampilan. Hal ini berarti para ahli menyatakan bahwa modul tersebut dapat menggambarkan dan menyampaikan informasi serta dinilai tepat digunakan untuk mempersiapkan diri remaja putri menghadapi perubahan fisik, (2) tingkat keterpakaian modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru kelas dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa prototipe modul layanan informasi untuk mempersiapkan diri remaja putri menghadapi perubahan fisik tepat dan dapat digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:57
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24335

Actions (login required)

View Item View Item