Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Model Four D untuk Mata Kuliah Pemograman Berorientasi Objek di Amik Boekittinggi.

Farell, Geovanne (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Model Four D untuk Mata Kuliah Pemograman Berorientasi Objek di Amik Boekittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_GEOVANNE_FARELL_1200081_5671_2018.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis awal, hasil belajar mahasiswa mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek menunjukkan angka yang relatif masih rendah, diperkirakan rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh keterbatasan sumber belajar atau media pembelajaran yang ada. Oleh karena itu, dirancang dan dikembangkanlah sebuah media pembelajaran berupa Mobile Learning untuk mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang serta menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas Mobile Learning agar layak digunakan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D. Perancangan Mobile Learning menggunakan metode Exploratory Tutorial. Metode ini memungkinkan peserta didik mengakses (explorasi) menu yang disediakan. Dimana peserta didik diberikan kebebasan dalam mencoba tes tanpa persiapan atau membaca materi yang terdapat dalam materi ajar. Sebaliknya, peserta didik tetap bisa melakukan pembelajaran mandiri dan dilanjutkan dengan mengikuti tes. Uji validitas dilakukan oleh dua orang validator, dari hasil angket yang diberikan diperoleh angka derajat pencapaian menunjukkan media pembelajaran Mobile Learning ini valid. Kemudian dilakukan uji praktikalitas kepada dua orang dosen PBO dan sepuluh orang mahasiswa melalui angket, dan diperoleh juga hasilnya menunjukkan media ini praktis. Lalu dilakukan uji efektivitas dengan melihat hasil belajar mahasiswa yang menggunakan Mobile Learning dengan yang tidak menggunakannya, terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media Mobile Learning. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Mobile Learning ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:59
Last Modified: 06 Dec 2019 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24328

Actions (login required)

View Item View Item