Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2.

Faradillah, Faradillah (2019) Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FARADILLAH_17175011_2137_2019.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Ketercapaian kompetensi dapat meningkatkan kualitas peserta didik. Faktanya, ketercapaian kompetensi masih belum optimal. Salah satu solusi yang dapat memenuhi tuntutan kompetensi adalah lembar kerja peserta didik yang memuat kegiatan untuk dapat mengaktifkan dan membantu peserta didik dalam menemukan konsep serta memuat materi yang berkaitan dengan kehidupan sekitar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model Plomp dengan tahapan preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar self evaluation, validasi, praktikalitas peserta didik dan guru, observasi sikap, tes pilihan ganda dan penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil analisis kebutuhan didapatkan data analisis performa guru yang cukup baik. Pada model dan pendekatan hendaknya juga ditingkatkan. Pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan perlu ditingkatkan. Hasil analisis materi digunakan untuk menyesuaikan materi yang dapat mendukung ketercapaian kompetensi. Hasil penelitian pada tahap desain dihasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan kontekstual. Hasil pada tahap pengembangan dengan nilai 0,83 dengan kriteria valid. Tahap implementasi dengan nilai 95,87% (angket respon guru) dan 83,32% (angket respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis. Tahap evaluasi berada pada kriteria efektif dengan nilai sikap 85,55%, pengetahuan 78%, dan keterampilan 87,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan kontekstual valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Fisika SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:14
Last Modified: 05 Dec 2019 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24320

Actions (login required)

View Item View Item