Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi.

Putra, Firmansyah (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FIRMANSYAH_PUTRA_1309249_6731_2018.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar mahasiswa jurusan Sistem InformasiFakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia yang mengambil mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi masih rendah, diperkirakan rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh keterbatasan sumber belajar atau media pembelajaran yang ada. Oleh karena itu, dirancang dan dibuatlah sebuah media pembelajaran berupa modul pembelajaran berbasis webuntuk mata kuliahPengantar Teknologi Informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran agar layak digunakan di dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan dessiminate. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh validator, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran berbasis web. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Terciptanya sebuah modul pembelajaran berbasis web pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. (2) Validitas format modul 0,88 dengan kategori valid, validitas penyajian modul 0,9 dengan kategori valid, dan validitas materi modul 0,898 dengan kategori valid (3) Praktikalitas modul pembelajaran berbasis web pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis dengan nilai 83,75%, dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 83,89% (4) Efektivitas modul pembelajaran berbasis web pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis web pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:39
Last Modified: 05 Dec 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item