Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis E-Book pada Materi Menganalisa Sediaan Obat Bentuk Tablet Menggunakan 3D PageFlip Professional.

Hafizza, Ade (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis E-Book pada Materi Menganalisa Sediaan Obat Bentuk Tablet Menggunakan 3D PageFlip Professional. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ADE_HAFIZZA_16138003_08_2019.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pembuatan Sediaan Obat di kelas XII SMK Farmasi Imam Bonjol Bukittinggi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Teknik Pembuatan Sedian Obat belum optimal. Penelitian ini membahas danmenganalisis sediaan obat bentuk tablet, materi ini cukup sulit untuk siswa karena adanya materi yang bersifat abstrak yang menyebabkan siswa kurang aktif dan mengalami kebosanan didalam kelas, pesan tidak sampai kepada siswa sehingga perlu inovasi dari media pembelajaran. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran modul berbasis e-book sebagai media pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan dapat digunakan untuk belajar mandiri. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Tahap penelitian ini meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran modul berbasis e-bookyang valid, praktis, dan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran modul berbasis e-bookdapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:01
Last Modified: 04 Dec 2019 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24309

Actions (login required)

View Item View Item