Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika SMA Kelas X

Resnita, Liza (2019) Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LIZA_RESNITA_17175019_2136_2019.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Kompetensi Fisika peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang belum sesuai dengan struktur LKPD yang baik, belum memuat penggunaan model inquiry based learning dan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik dan menghasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi Fisika SMA kelas X dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar self evaluation, validasi, lembar praktikalitas peserta didik dan guru, lembar observasi sikap, tes pilihan ganda dan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian pada tahap penelitian pendahuluan diperoleh bahwa analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis materi diperlukan untuk menjadi acuan pengembangan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan saintifik. Hasil penelitian pada tahap desain diperoleh LKPD dirancang menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan saintifik. Hasil tahap pengembangan LKPD memenuhi kriteria valid 0,94. Hasil tahap implementasi LKPD memenuhi kriteria sangat praktis dari angket respon guru adalah 91,05% dan peserta didik 78,39% dengan kriteria praktis. Tahap evaluasi LKPD memenuhi kriteria efektif dengan nilai sikap 85,81%, pengetahuan 85,46%, dan keterampilan 85,69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kompetensi Fisika SMA kelas X berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:48
Last Modified: 03 Dec 2019 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item View Item