Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA

Mandasari, Shelvia (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SHELVIA_MANDASARI_15205078_5662_2019.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik terutama dalam pembelajaran matematika. Kenyataannya kemampuan berfikir kreatif peserta didik masih rendah. Ada beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut, salah satunya adalah belum tersedianya RPP dan LKPD yang secara optimal memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik adalah mengembangkan RPP dan LKPD berbasis model M-APOS. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik RPP dan LKPD pembelajaran matematika berbasis model M-APOS untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu fase investigasi awal, fase pembuatan prototype dan fase penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA N 3 Payakumbuh. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan dan bahasa indonesia. Kepraktisan RPP dan LKPD dilihat dari hasil angket keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didk dan angket respon guru. Keefektifan dilihat dari hasil kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa RPP dan LKPD berbasis model M-APOS yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid baik dari segi isi maupun kosntruk. RPP dan LKPD telah praktis dari segi keterlaksanaan kemudahan dan waktu yang diperlukan. RPP dan LKPD juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa RPP dan LKPD pembelajaran matematika berbasis model M-APOS yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas X SMA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:48
Last Modified: 17 Nov 2020 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item View Item