Pengaruh Penerapan Metode Example Non Example dalam Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Padang

Amrianto, Amrianto (2019) Pengaruh Penerapan Metode Example Non Example dalam Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AMRIANTO_17177003_1729_2019.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada pola pembelajaran student center, pembelajaran aktif dan pembelajaran kooperatif. Berdasarkan penelitian pendahuluan ke sekolah yaitu di SMP Negeri 18 Padang ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru. Guru belum menerapkan perubahan pola pembelajaran klasikal menjadi belajar kooperatif dan sulit untuk membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, terutama dalam bertanya (terkait rasa ingin tahu peserta didik) dan mengungkapkan ide. Mengatasai hal tersebut peneliti memberikan solusi untuk menerapakan metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik yang telah memenuhi tuntutan kurikulum 2013 yaitu pembelajaran student center, pembelajaran aktif dan kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu pengaruh metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kompetensi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 18 Padang pada peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu kelas yang memiliki guru yang sama dan kelas yang memiliki varian nilai yang sama, sehingga didapatkan kelas VII.6 dan VII.8. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis (soal objektif dan esai) untuk ranah pengetahuan, lembar pengamatan sikap untuk ranah sikap, dan lembar pengamatan keterampilan untuk ranah keterampilan. Teknik analisis data, menggunakan uji rata-rata dua sampel yaitu dengan menggunakan uji parametrik (uji t) dan uji nonparametrik (uji Mann-Whitney U-Test) menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik ranah pengetahuan; (2) metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik ranah sikap; (3) metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik ranah keterampilan. Dengan kata lain, bahwa dapat disimpulkan metode example non example dalam model discovery learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kompetensi IPA peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:48
Last Modified: 03 Dec 2019 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item View Item