Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Bimbingan TIK di SMAN 1 Sumatera Barat

Ratih, Ratih (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Bimbingan TIK di SMAN 1 Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RATIH_16138127_1465_2019.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya waktu pembelajaran untuk bimbingan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara klasikal menjadi 45 menit setiap minggunya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis web untuk Bimbingan TIK di SMAN 1 Sumatera Barat. 2) Mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis web untuk Bimbingan TIK di SMAN 1 Sumatera Barat. Jenis metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Develompment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Instruksional Development Institute (IDI). Prinsip pendekatan sistem yang diterapkan IDI terdiri dari tiga tahap, yaitu penentuan, pengembangan, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi untuk mengukur validitas, angket respon untuk mengukur praktikalitas, dan soal posttest berupa pilihan ganda untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis webuntuk bimbingan TIK dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik. Dari hasil posttest dapat disimpulkan rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol artinyabahwa media pembelajaran berbasis webuntuk bimbingan TIK “efektif” digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:47
Last Modified: 03 Dec 2019 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24269

Actions (login required)

View Item View Item