A Study of Multimodal Analysis in Smartphone Advertisements

Savitri, Maulydia Tamara (2019) A Study of Multimodal Analysis in Smartphone Advertisements. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MAULYDIA_TAMARA_SAVITRI_15019067_4194_2019.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa multimodal pada iklan Samsung Galaxy S9 dan Iphone Xs. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistemik fungsional linguistik oleh Halliday, teori multimodal oleh Kress dan Leeuwen dan analisis generik struktur oleh Cheong. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif metodologi. Data pada peneltian ini berupa gambar, tulisan, simbol, suara dan gerakan yang digunakan dalam iklan Samsung S9 dan Iphone Xs. Sumber data dari penelitian ini adalah akun Youtube dari Samsung dan Iphone. Berdasarkan data analisis, ditemukan bahwa kedua iklan ini memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan ditemukan pada analisis linguistik, audio dan letak. Sementara itu, perpedaan antara kedua iklan ditemukan pada semua unsur semiotik sistem. Berdasarkan data analisis, ditemukan juga perbedaan pada struktur generik iklan. Iklan Samsung Galaxy S9 menggunakan lima struktur; lead, tampilan, pengumuman, lambang dan informasi nomor ponsel. Sedangkan pada iklan Iphone Xs hanya menggunakan empat struktur; lead, tampilan, pengumuman dan lambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:19
Last Modified: 28 Nov 2019 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24235

Actions (login required)

View Item View Item