Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Sari, Yulis Septianas (2019) Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YULIS_SEPTIANAS_SARI_17175051_4781_2019.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih belum optimal. Salah satupenyebabnya yaitu penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang belum sesuai dengan struktur LKPD yang baik, belum memuat pendekatan STEM, dan indikator berpikir kritis belum tergambar jelas pada LKPD. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan validitas dari LKPD, menentukan praktikalitas dan efektivitas penggunaan LKPD Fisika berbasis pendekatan STEM yang dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D)dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, dan uji coba awal.Sebagai objek penelitiannya yaitu LKPD Fisika berbasis pendekatan STEM. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, dan lembar uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan lembar penilaian tes hasil belajar dan lembar observasi berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas LKPD Fisika, analisis kepraktisan penggunaan LKPD Fisika, dan analisis efektivitas penggunaan LKPD Fisika. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasill penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas LKPD Fisika berbasis pendekatan STEM adalah 0,88 dan nilai ini termasuk pada kategori valid. Kedua, nilai rata-rata uji kepraktisan penggunaan LKPD Fisika oleh guru dan peserta didikmasing-masing91,44 dan 84,14. Nilai ini menunjukkan LKPD Fisika berada pada katagori sangat praktis. Disamping itu, penggunaan LKPD Fisika berbasis pendekatan STEMadalah efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:18
Last Modified: 28 Nov 2019 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item