Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Problem Based Learning untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Prawingga, Devit (2019) Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Problem Based Learning untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DEVIT_PRAWINGGA_16151012_4769_2019.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Stres merupakan ancaman yang dapat mengganggu mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Kegiatan akademik menjadi penyebab utama mahasiswa mengalami stres. Stres yang disebabkan oleh kegiatan akademik disebut stres akademik. Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk membantu menurunkan stres akademik adalah layanan informasi. Layanan informasi diberikan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan model problem based learning untuk menurunkan stres akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Jumlah sampel yang digunakan 20 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 20 orang mahasiswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan skala stres akademik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sample dengan bantuan SPSS. Temuan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan kondisi stres akademik mahasiswa kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan setelah (posttest) mengikuti layanan informasi dengan model problem based learning, (2) terdapat perbedaan kondisi stres akademik mahasiswa kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi dengan metode ceramah, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kondisi stres akademik mahasiswa yang diberikan layanan informasi dengan model problem based learning dengan mahasiswa yang diberikan layanan informasi dengan metode ceramah. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan model problem based learning efektif untuk menurunkan stres akademik mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:08
Last Modified: 25 Nov 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24203

Actions (login required)

View Item View Item