Perubahan Sistem Pengetahuan Masyarakat Nelayan Pasca Masuknya Wisata Bahari di Kelurahn Teluk Kabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Harika, Harika (2019) Perubahan Sistem Pengetahuan Masyarakat Nelayan Pasca Masuknya Wisata Bahari di Kelurahn Teluk Kabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HARIKA_17161013_4185_2019.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Sistem pengetahuan dipandang sangat bernilai dan mempunyai manfaat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. sistem tersebut dikembangkan karena adanya kebutuhan untuk menghayati, mempertahankan, dan melangsungkan hidup sesuai dengan situasi, kondisi, kemampuan, dan tata nilai yang dihayati di dalama masyarakat yang bersangkutan. Dengan masuknya wisata bahari di Sungai Pisang mempengaruhi kehidupan sosial budaya ekonomi masyarakat setempat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Menganalisis bentuk perubahan sistem pengetahuan yang terjadi pada masyarakat Sungai Pisang. 2) Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sistem pengetahuan pada masyarakat Sungai Pisang. 3) Menganalisis dampak perubahan sistem pengetahuan tersebut bagi masyarakat Sungai Pisang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe study kasus. Cara pemilihan informan adalah dengan purposive sampling yaitu menentukan informan dengan kriteria yang sesuai dengan objek penelitian, dengan jumlah informan 23 informan terdiri dari nelayan jasa boat, pemilik warung nasi, pengelola pulau, lurah setempat, pemandu wisata dan tokoh adat . Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi pada informan yang bisa memberikan jawaban dari hal yang diinginkan peneliti serta dokumen lainnya. Berdasarkan temuan penelitian: (1) Bentuk perubahan sistem pengetahuan masyarakat nelayan Sungai Pisang pasca masuknya wisata bahari adalah dapat ditinjau dari a). Aktivitas ekonomi artinya masyarakat yang dahulunya bermata pencarian sebagai nelayan sekarang bekerja sebagai jasa pembawa kapal boat, selain itu masyarakat juga berperan penting dalam pemandu wisata, penginapan, warung nasi dan jasa lainnya. b) urgensi tradisi.c)Pelayanan wisata.d) kedudukan pendidikan. (2) Faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan sitem pengetahuan masyarakat Sungai Pisang adalah.Faktor internal dan eksternal. Faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri yang ingin keluar dari kemiskinan nelayan. Faktor eksternal (dukungan pemerintah dan pihak pengelola pulau) yang bekerja sama dalam usaha parawisata.(3) Dampak perubahan sistem pengetahuan masyarakat. Terjadinya perubahan pola pekerjaan dan meningkatnya pendapatan masyarakat dalam usaha parawisata. Terjadinya perubahan perilaku dari remaja dan jauhnya jarak antara masyarakat, karena masyarakat sudah berorientasi pada ekonomi. Majunya pembangunan dalam masyarakat Sungai Pisang dengan ditandainya dengan masuknya sarana dan prasarana jalan, sekolah, jembatan dan rumah ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:51
Last Modified: 21 Nov 2019 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item