Efektivitas Penggunaan Assertiveness Training Format Kelompok untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa

Lubis, Khadijah (2019) Efektivitas Penggunaan Assertiveness Training Format Kelompok untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KHADIJAH_LUBIS_16151059_4783_2019.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Hubungan interpersonal merupakan interaksi antara seseorang dengan orang lain yang menyangkut hubungan manusiawi, etika, moral, aktivitas sehari- hari dan umumnya bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan bagi kedua belah pihak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan siswa yang kurang memiliki kemampuan membina hubungan interpersonal dengan teman sebaya. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan hubungan interpersonal siswa adalah dengan menggunakan assertiveness training format kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan assertiveness training format kelompok untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan the non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala hubungan interpersonal yang disusun oleh peneliti dengan validitas 0,535 dan reliabilitas 0,881. Data dianalisis menggunakan wilcoxon signed ranks test dan kolmogorov- smirnov two independent sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan assertiveness training format kelompok efektif dalam meningkatkan hubungan interpersonal siswa. Hal ini dapat dilihat dari angka probabilitas alpha 0,015. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat program layanan bimbingan dan konseling, terutama penggunaan assertiveness training format kelompok untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:51
Last Modified: 21 Nov 2019 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item