Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa

Luahambowo, Baspuri (2019) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_BASPURI_LUAHAMBOWO_16151055_4753_2019.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukan siswa yang mempunyai keterampilan belajar yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa yang suka membolos, catatan kurang lengkap, menyontek saat ujian, siswa cenderung bersikap tidak aktif atau tidak mengajukan pertanyaan apabila ada materi yang kurang dimengerti, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai ujian dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan keterampilan belajar siswa adalah memberikan layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsawuntuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment bentuk non equivalent control group. Subjek penelitian yaitu siswa SMP Negeri 25 Padang kelas VIII.5 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII.7 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen keterampilan belajar model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan statistik teknik Wilcoxon Signed dan teknik Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsawlebih efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Nov 2019 03:44
Last Modified: 21 Nov 2019 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24185

Actions (login required)

View Item View Item