Efektivitas Role Playing dalam Layanan Informasi untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Maharani, Reizki (2019) Efektivitas Role Playing dalam Layanan Informasi untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_REIZKI_MAHARANI_16151036_4804_2019.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan salah satu permasalah yang sering terjadi, terutama di bidang akademik.Prokrastinasi akademik dapat didefinisikan sebagai kecenderunga nseseorang dalam menunda kegiatanyang berkaitan dengan akademik. Salah satu penyebab terjadinya prokrastinasi pada mahasiswa yaitu dikarenakan diperguruan tinggi mahasiswa memiliki tanggung jawab dan tuntutan yang lebih besardibandingkan sebelumnya. Salah satu perilaku mahasiswa yang mengarah kepada prokrastinasi akademik yaitu banyak mahasiswa yangtidak jujur khususnya dalam mengerjakan tugas seperti copy paste jawaban dari internet. Dari 307 orang mahasiswa, terdapat 167 mahasiswa (55%) yang memiliki tingkatprokrastinasipada kategorisedang, 90 mahasiswa(29%)berada pada kategori tinggi,dan50 mahasiswa (16%) berada pada kategoribrendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah prokrastinasi akademik yaitu denga nmemberikan layanan informasi dengan menggunakan role playing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian inia dalah Quasi Experiment denganr ancangan The Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan (KTP), dengan kelompok eksperimen sebanyak 32 orang mahasiswa dan kelompok control sebanyak 32 orang mahasiswa .Instrumen penelitian yang digunaka nadalah model SkalaLikert, selanjutnya akan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 20.00. Temuan penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa role playing dalam layanan informas iefektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa sehingga untuk selanjutnya dapat diberikan kepada mahasiswa dalam upaya mengurang iprokrastinasi akademik mahasiswa. Selanjutnya ,temuan penelitian secara khusus yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi akademik mahasiswa pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan layanan informas imenggunakan rolep laying, (2) terdapat perbedaan prokrastinas iakademik mahasiswa pada kelompok control sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa menggunakan role playing, dan(3) terdapa tperbedaan prokrastinasi akademik mahasiswa antara kelompok eksperimen yang diberikan layanan informas imenggunakan rolep laying dengan kelompok control yang diberikan layanan informasi tanpa menggunakan role playing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Nov 2019 03:44
Last Modified: 21 Nov 2019 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24183

Actions (login required)

View Item View Item