Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Terintegrasi Polya’s Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Mahardika, Nadya (2019) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Terintegrasi Polya’s Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_NADYA_MAHARDIKA_16175019_4692_2019.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui di lapangan adalah belum tersedianya bahan ajar dan model yang digunakan dalam pembelajaran yang menantang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa modul. Modul merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan modul yang digunakan adalah yang dapat menuntun peserta didik mandiri dalam proses pembelajaran. Model yang tepat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah model Problem Based Learning dengan melatihkan indikator pemecahan masalah Polya, yang lebih dikenal dengan istilah Polya’s Problem Solving. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul Fisika berbasis model Problem Based Learning terintegrasi Polya’s Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah research and development menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary reseacrh, development or prototyping, dan asessment. Data penelitian adalah data analisis kebutuhan, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari lembar analisis kebutuhan, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif untuk analisis preliminary research dan praktikalitas, rumus Aiken’s V untuk validitas. Keefektifan produk dilihat dari nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang dianalisis dengan uji t, uji korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu perlunya pengembangan modul Fisika berbasis model Problem Based Learning terintegrasi Polya’s Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil tahap development or prototyping menunjukkan modul yang dikembangkan berada pada kategori valid dan praktis. Lebih lanjut, hasil tahap asessment menunjukkan modul efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul Fisika berbasis model Problem Based Learning terintegrasi Polya’s Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:49
Last Modified: 20 Nov 2019 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item