Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Menulis Laporan Siswa SMK Negeri 1 Lahat

Mardiah, Mardiah (2019) Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Menulis Laporan Siswa SMK Negeri 1 Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_MARDIAH_15138017_109_2019.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kualitas penulisan laporan yang dibuat siswa masih jauh dari kualitas sebuah laporan yang baik. Hal itu terlihat pada (1) ketidakmampuan siswa untuk menuangkan ide-idenya dalam sebuah tulisan yang sistematis, (2) ketidakmampuan siswa dalam menentukan pilihan kata atau diksi yang tepat dalam tulisan yang akan mereka buat; (3) keterbatasan pengetahuan siswa tentang penulisan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), dan (4) keterbatasan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Ketidakmampuan siswa SMK menggunakan bahasa Indonesia tulis seperti dalam penyusunan karya tulis mereka masih membuat banyak kesalahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis laporan siswa di SMK Negeri 1 Lahat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif korelasional. Dalam rancangan penelitian korelasional melibatkan minimal dua variabel, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis korelasi antara kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi dengan keterampilan menulis laporan pada siswa SMK Negeri 1 Lahat. Jumlah populasi 125 siswa yang dijadikan sampel sebanyak 95 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Berdasarkan analisis, variabel kemampuan menyusun paragraf memiliki hubungan positif yang berarti terhadap kemampuan menulis laporan. Besarnya hubungan kemampuan menyusun paragraf terhadap kemampuan menulis laporan siswa adalah 24,1%. Variabel motivasi berprestasi memiliki hubungan positif yang berarti terhadap variabel kemampuan menulis laporan. Besarnya hubungan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis laporan adalah 14,89%. Variabel kemampuan menyusun paragraf dan variabel motivasi berprestasi secara bersama memiliki hubungan positif yang berarti terhadap variabel kemampuan menulis laporan. Besarnya hubungan kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis laporan adalah 28,1%. Hasil ini menjelaskan varibel bebas berkontribusi cukup besar terhadap variabel terikat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:49
Last Modified: 20 Nov 2019 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item View Item