Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Tutorial pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif di Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Lahat.

Widikda, Aris Puja (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Tutorial pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif di Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARIS_PUJA_WIDIKDA_15138091_32_2019.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Berdasarkanhasilstuditerhadapsiswa kelasXIJurusanTeknik Kendaraan Ringan, menunjukkan bahwa keterbatasan dalam pengadaan media pembelajaran sehingga guru belum menemukan cara yang tepat dalam penyajian materi yang tidak bisa disajikan denganmetode ceramah dan mencatat. Fenomena tersebut membawa dampak negatif bagi siswa,sehingga siswa harus mengulang-ulang materi,juga menghabiskan waktu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dan penelitian ini juga menggunakan model pengembangan 4D(four-D), yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dessiminate (penyebaran).Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif untuk menentukan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif.Media pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan Lectora Inspire. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:(1) Validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan valid pada validasi ahli materi dengan nilai 0,95 dan pada validasi ahli media dinyatakan valid dengan nilai0,93,(2) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 96,11 dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,54,(3) Efektivitas media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana rata-rata pretest 61,46% menjadi rata-rata postest81,37%. Berdasarkan temuanpenelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaat kan sebagai sebuah media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:52
Last Modified: 19 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item View Item