Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif berbasis Adobe Flash di Kelas V Sekolah Dasar

Syupriyanti, Lora (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif berbasis Adobe Flash di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LORA_SUPRIYANTI_17124033_4081_2019.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat komunikasi untuk mengefektifkan proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media akan membantu tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di lapangan pada umumnya masih kurang inovatif, berukuran kecil dan belum menggunakan teknologi. Media pembelajaran audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang menggabungkan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual). Pembelajaran menggunakan audio visual interaktif bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran, menumbuhkan kekreatifan dan inovasi pendidik dalam mendesain pembelajaran yang komunikatif dan interaktif, serta sebagai jalan permasalahan di tengah kesibukan pendidikan.Untuk itu dikembangkan media pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan media pembelajaran audio visual interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media pembelajaran. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Data keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual interaktif berbasis adobe flash yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan dalam pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya sesuai dengan karakteristik siswa SD. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat siswa untuk belajar. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 86%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual interaktif berbasis adobe flash yang dikembangkan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:52
Last Modified: 19 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item