Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Solok

Ramadhan, Taufik (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Taufik_Ramadhan_1200919_4700_2019.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N egeri 3 Solok. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 13 7 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 24 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektifuntuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,56. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 77,78. Ketiga, terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok dengan derajat kebebasan n- 1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (3,77) lebih besar daripada ttabel (1,72) yaitu thitung > ttabet (3,77> 1,72) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks berita akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:49
Last Modified: 18 Nov 2019 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24154

Actions (login required)

View Item View Item