Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Lahat

Rianko, Maman (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_5_MAMAN_RIANKO_15138106_1239_2019.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lahat. Rumusan rendahnya hasil belajar salah satu faktor penyebabnya yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Adapun rumusan penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaraan konvensional pada matematika di SMK Negeri 1 Lahat?. (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Discovery Learning yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pelajaran matematika siswa di SMK Negeri 1 Lahat?. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Discovery Learning yang memiliki motivasi belajar rendah dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah pada mata pelajaran matematika siswa di SMK Negeri 1 Lahat?. (4) Apakah terdapat interaksi antara model pmbelajaraan dengan motivasi belajar?. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat Program keahlian Teknik Otomotif tahun pelajaran 2017-2018 sebanyak 56 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. kelas eksperimen yaitu kelas XI TSM 1 dan kelas kontrol kelas XI TSM.2. Analisis data dilakukan melalui tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar yang dianalisis dengan Uji-t dan Anova. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat.(2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara model pembelajaran Discovery Learning yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi pada kelas XI SMK Negeri 1 Lahat. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara model pembelajaran Discovery Learning yang memiliki motivasi belajar rendah dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah pada kelas XI SMK Negeri 1 Lahat. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:49
Last Modified: 18 Nov 2019 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item View Item