Fungsi Sosial Kelompok Buruh Tani Bagi Masyarakat Desa (Studi Kasus: Tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung)

Sari, Lasmita and Erianjoni, Erianjoni (2019) Fungsi Sosial Kelompok Buruh Tani Bagi Masyarakat Desa (Studi Kasus: Tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2 (4). pp. 393-398. ISSN 2622-1748

[img]
Preview
Text
4. Lasmita Sari-Layout 393-398.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspekt...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi sosial tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori dari Robert K. Merton yaitu teori Struktural Fungsional yang lebih menekankan pada fungsi laten (fungsi yang tidak disadari) dan fungsi manifes (fungsi yang disadari). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini ialah purposive sampling yang artinya peneliti memiliki kriteria tertentu dalam menentukan informan. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi sosial tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung yaitu: (1) Tobo sebagai suasana baru dalam pekerjaan, (2) Tobo sebagai tempat meminjam uang, (3) Tobo sebagai tempat berkumpul dengan tetangga, (4) Tobo sebagai tempat bergosip, (5) Tobo dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:35
Last Modified: 18 Nov 2019 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24139

Actions (login required)

View Item View Item