Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 2 Padang

Dalifah, Muz and Junaidi, Junaidi (2019) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 2 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (2). pp. 7-13. ISSN 2686-3413

[img]
Preview
Text
2. MUZ DALIFAH 7-13.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat hasil belajar siswa di SMAN 2 Padang yang rendah akibat kurangnya perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Padang. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikamukakan oleh Gegne dan Berliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif Ex-Post Facto, teknik pemilihan proportional random sampling dengan jumlah responden 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket, data sekunder berupa hasil belajar dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel perhatian orang tua dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Padang yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rxy) 0.778 > r tab (0.279).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 15 Nov 2019 04:07
Last Modified: 15 Nov 2019 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24126

Actions (login required)

View Item View Item