Efektivitas Konseling Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Setiono, Lintang (2018) Efektivitas Konseling Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LINTANG_SOTIONO_15151027_4744_2019.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa di sekolah merupakan salah satu masalah dalam dunia pendidikan yang memerlukan suatu tindakan secara cepat dan tepat. Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ditandai dengan perilaku seperti membolos, malas belajar, mengerjakan tugas, tidak ada keinginan untuk mengetahui, tidak peduli dengan nilainya, tidak semangat belajar di dalam kelas, dan berdampak pada hasil belajarnya. Upaya konseling yang dapat dilakukan sesuai dengan konteks waktu dan aplikatif di sekolah salah satunya melalui pendekatan konseling berfokus solusi (KBS). Penelitian ini bertujuan menerapkan konseling berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang.Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria kondisi motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat rendah. Instrumen pengumpul data penelitian ini adalah skala motivasi belajar, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data visual dan grafik. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling berfokus solusi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada subjek AF, AB, GL, AG,RZ. Selanjutnya KBS juga efektif meningkatkan motivasi belajar siswa selama intervensi KBS diberikan. Selain itu, subjek sasaran aktif selama proses konseling dan puas terhadap intervensi KBS yang diberikan konselor. Disarankan kepada konselor sekolah menerapkan KBS dalam mengembangkan kehidupan efektif sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari terganggu (KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Nov 2019 04:08
Last Modified: 15 Nov 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24125

Actions (login required)

View Item View Item