Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang)

Putri, Yuni Eka (2019) Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Culture & Society: Journal of Anthropological Research, 1 (1). pp. 1-6. ISSN 2686-343X

[img]
Preview
Text
1. YUNI EKA PUTRI 1-6.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://culture.ppj.unp.ac.id/index.php/csjar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan informasi tentang Implementasi pendidikan karakter nilai Al-Qur’an dan nilai Budaya Alam Minangkabau di kota padang khususnya SMAN 2 Padang dan SMA Adabiah Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alasan penulis menggunakan metode tersebut adalah bahwasanya penelitian ini berusaha mendiskripsikan/ memberikan gambaran mengenai penerapan pendidikan karakter nilai al-qur’an dan nilai BAM pada pembelarajan sosiologi. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi dari Evverret Rogers. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau yang dikeluarkan oleh kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat belum terlaksana dengan baik. Guru masih saja kebingungan dengan pengintegrasian tersebut. Guru masih saja fokus pada materi yang diajarkan, belum kepada pengintegrasian nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau pada proses pembelajaran sosiologi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:00
Last Modified: 15 Nov 2019 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24124

Actions (login required)

View Item View Item