Pembuatan LKS Fisika Berorientasi Strategi REACT dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Fluida untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMA Kelas XI

Ningsih, Selvi Syapria (2018) Pembuatan LKS Fisika Berorientasi Strategi REACT dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Fluida untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SELVI_SYAPRIA_NINGSIH_1305759_2018.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika yang dilaksanakan seharusnya dapat meningkatkan kompetensi siswa secara utuh baik pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Pada kurikulum 2013, pembelajaran fisika menekankan pada proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran fisika belum sesuai dengan yang diharapkan. Kompetensi pengetahuan siswa dalam pembelajaran Fisika masih rendah. Salah satu solusi dari masalah adalah membuat LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menentukan validitas dari LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual materi fluida, dan 2) menentukan praktikalitas dan efektivitas penggunaan LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual materi fluida untuk meningkatkan kompetensi siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (four-D models). Sebagai objek penelitiannya yaitu LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual. Instrumen pengumpul data yang digunakan terdiri dari lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, dan lembar uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan lembar penilaian tes hasil belajar, lembar penilaian sikap, dan lembar penilaian kinerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, dan uji perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual materi fluida adalah 86,02 dan nilai ini termasuk pada kategori sangat valid. Kedua, penggunaan LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual materi fluida adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing 89,97 dan 89,39. Disamping itu, penggunaan LKS fisika berorientasi strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual materi fluida adalah efektif untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:17
Last Modified: 14 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24092

Actions (login required)

View Item View Item