Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Usaha dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA

Wahyuni, Risky (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Usaha dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RISKY_WAHYUNI_14033096_3265_2018.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan terhadap pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Sesuai kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih mandiri dan mampu menemukan sendiri materi atau konsep yang dipelajari berguna agar siswa terlatih dalam pembelajaran untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki siswa. Kenyataan di sekolah menunjukkan pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika belum diterapkan secara baik dan masih terbatasnya bahan ajar yang menunjang proses pelaksanaan pembelajaran sehingga masih sulit mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri pada materi usaha dan momentum kelas X SMA. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis research dan development (R&D). Objek dari penelitian adalah bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri yang diujicobakan kepada siswa SMA Adabiah Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis efektivitas produk Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata pada validasi 88,05 degan deskripsi yang sudah memenuhi unsur-unsur dari bahan ajar yang dikembangkan. Kedua, penggunaan bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri adalah sangat praktis yang ditandai dengan nilai rata-rata bahan ajar menurut respon guru 84,5 dan bahan ajar menurut respon siswa 89,25. Ketiga, penggunaan bahan ajar fisika berbasis pembelajaran inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:17
Last Modified: 14 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item