Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Pariaman

Siregar, Ricca Suci Tiara Putri (2018) Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RICCA_SUCI_TIARA_P._SIREGAR_1305764_3620_2018.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di kelas XI SMAN 1 Pariaman adalah menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran creative problem solving. Diharapkan LKPD ini dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian kompetensi fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran creative problem solving terhadap kompetensi fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Pariaman. Penelitian ini tergolong ke dalam pre-experimental design dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman yang terdaftar semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih kelas XI MIPA 2. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data kompetensi fisika peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap diperoleh melalui teknik observasi menggunakan instrumen lembar observasi sikap. Penilaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui tes tertulis berupa pilihan ganda dan penilaian proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah dari model pembelajaran creative problem solving. Kompetensi keterampilan peserta didik dinilai melalui teknik unjuk kerja dengan instrumen berupa rubrik penskoran. Data kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana, uji linearitas serta uji hubungan dua variabel pada taraf nyata 0,05. Hasil analisis kompetensi sikap peserta didik menunjukkan kecenderungan meningkat setiap kali pertemuan. Sementara itu, analisis kompetensi pengetahuan dan keterampilan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran creative problem solving dengan kontribusi 17,64 % untuk kompetensi pengetahuan dan 15,21% untuk kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:17
Last Modified: 14 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item View Item