Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Kontekstual Tema Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang

Putri, Rezki Aulia (2018) Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Kontekstual Tema Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_REZKI_AULIA_PUTRI_14033093_4630_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan secara terpadu dan mencakup seluruh aspek kompetensi yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kenyataan pembelajaran IPA yang dilaksanakan di sekolah belum terpadu. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah menerapkan buku ajar IPA terpadu kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh buku ajar IPA terpadu Kontekstual tema gelombang dalam kehidupan sehari-hari terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Kelompok Kontrol Non-Ekivalen Hanya dengan Postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2017/2018, Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tiga bagian, yaitu tes tertulis untuk aspek pengetahuan, lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan dan lembar observasi untuk aspek sikap. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan hasil dari penelitian adalah penggunaan buku ajar IPA terpadu kontekstual tema gelombang dalam kehidupan sehari-hari memberikan perbedaan yang berarti terhadap kompetensi siswa untuk ketiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada taraf kepercayaan 95% di kelas VIII SMPN 13 Padang. Penggunaan buku ajar IPA terpadu kontekstual tema gelombang dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:17
Last Modified: 14 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24089

Actions (login required)

View Item View Item