Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pariaman

Saputra, Ramadhan (2018) Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RAMADHAN_SAPUTRA_14033067_3340_2018.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik di kelas X SMAN 3 Pariaman masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pendidik yang tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran seperti model pembelajaran berbasis masalah yang cocok dengan pembelajaran fisika. Penggunaan model tersebut pada pembelajaran fisika dikatakan cocok, karena dapat mengkaji permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dimana materi fisika sangat dekat dengan kehidupan. Selain itu, pada proses pembelajaran pendidik tidak pernah menggunakan LKPD yang menggunakan pendekatan saintifik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan LKPD berorientasi problem based learning. Jenis penelitian adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X IPA yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis berupa pre-test dan post-test untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap serta lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data berupa deskripsi dalam bentuk grafik untuk kompetensi sikap, uji t-korelasi untuk pengetahuan serta uji regresi dan korelasi pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi sikap mengalami peningkatan disetiap pertemuannya yang dideskripsikan melalui grafik. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan pre-test dan post-test yaitu 51,88 dan 76,20. Dari uji t-korelasi, diperoleh thitung < ttabel sehingga Hi diterima yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD berorientasi problem based learning pada materi gerak parabola dan gerak melingkar terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X SMAN 3 Pariaman. Selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi, dimana pada uji tersebut akan didapatkan nilai r (koefisien korelasi) dan nilai KD (koefisien determinasi). Untuk uji regresi dan korelasi, pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan didapatkan r = 0,76, KD = 57,76 %, dan r = 0,749, KD = 56%. Artinya LKPD berborientasi problem based learning memberikan kontribusi terhadap kompetensi pengetahuan sebesar 57,76 % dan kompetensi keterampilan sebesar 56 %. Maka dapat disimpulkan, bahwa LKPD berorientasi problem based learning memberikan pengaruh terhadap pencapaian kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:53
Last Modified: 13 Nov 2019 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24087

Actions (login required)

View Item View Item