Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang

Naluri, Kekeh (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Kekeh_Naluri_15016040_4315_2019.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 282 orang dan tersebar dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 43 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B), dengan nilai rata-rata (80,68). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata (82,52). Ketiga, terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Panjang, dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (14, 79) lebih besar daripada ttabel (0,168) yaitu thitung >ttabel (14,79>1,68) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel• Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkorelasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi. Dengan demikian untuk meningkatkan keterampilan menulis, (teks eksposisi) maka guru harus meningkatkan proses pembelajaran membaca khususnya teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:17
Last Modified: 13 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24081

Actions (login required)

View Item View Item