Pengembangan LKPD Berorientasi Strategi Metakognitif pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Mencapai Kompetensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA

Yeni, Rahma (2018) Pengembangan LKPD Berorientasi Strategi Metakognitif pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Mencapai Kompetensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RAHMA_YENI_14033016_4007_2018.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah agar pembelajaran berkualitas sehingga kompetensi fisika peserta didik bisa tercapai, salah satunya dengan menyempurnakan KTSP menjadi Kurikulum 2013. Namun, kenyataannya setelah lima tahun Kurikulum 2013 berjalan, harapan yang menjadi amanat dalam Kurikulum 2013 belum tercapai secara maksimal. Diantaranya yaitu pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga peserta didik sulit mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Selain itu bahan ajar yang digunakan hendaknya memuat strategi untuk mengembangkan metakognitif peserta didik sehingga dapat meningkatkan kesadaran proses berpikir peserta didik agar mereka bisa mengawali pikirannya dengan merancang, memantau dan mengevaluasi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan pengembangan LKPD berorientasi strategi metakognitif. Tujuannya adalah untuk menghasilkan LKPD dan menentukan kelayakan LKPD yang dikembangkan pada materi gerak melingkar dan hukum newton. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka dilakukan penelitian jenis penelitian dan pengembangan (R&D atau Research and Development) dengan lima tahapan penelitian tetapi direduksi menjadi tiga tahapan. Subjek dari penelitian adalah tiga orang dosen fisika FMIPA UNP, dua orang guru fisika SMA Adabiah Padang dan satu kelas X SMA Adabiah Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan angket respon peserta didik. Analisis data yang dilakukan adalah analisis uji validitas dan praktikalitas produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, telah dihasilkan LKPD berorientasi strategi metakognitif sesuai dengan format pada panduan pengembangan bahan ajar yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008. Kedua, LKPD yang dikembangkan memiliki validitas dengan nilai rata-rata 85,1 dan memiliki nilai praktikalitas yaitu 85,4 menurut guru dan 79,41 menurut peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi strategi metakognitif pada materi gerak melingkar dan hukum newton layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:46
Last Modified: 13 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item