Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha dan Energi terhadap Pencapaian Kompetensi Holistik Siswa Kelas X SMA N 13 Padang

Ikmal, Muhammad (2018) Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha dan Energi terhadap Pencapaian Kompetensi Holistik Siswa Kelas X SMA N 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MUHAMMAD_IKMAL_14033013_3826_2018.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor yang menyebabkan pencapaian kompetensi siswa masih bermasalah, diantaranya, proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 baru dilaksanakan di sekolah, penggunaan bahan ajar kurukulum 2013 yang ada di sekolah belum optimal dan belum interaktif, belum semua buku fisika mengintegrasikan nilainilai karakter dan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik belum terlaksana secara optimal. Dari hasil wawancara siswa lebih tertarik pada bahan ajar elektronik yang bersifat interaktif dan pembelajaran fisika yang menggunakan praktikum. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi yaitu dengan menggunakan bahan ajar elektronik interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan saintifik yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi holistik siswa di kelas X SMA N 13 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk kompetensi sikap dan tes tertulis post-test untuk kompetensi pengetahuan serta lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data berupa deskripsi dalam bentuk grafik untuk kompetensi sikap, uji kesamaan dua rata-rata untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol di semua aspek. Hasil analisis data kelas sampel terdistribusi normal dan homogen maka digunakan uji t dengan ttabel = 2,00. Rata – rata kompetensi sikap kelas eksperimen 78,03 dan kelas kontrol 72,88 dengan statistik thitung = 4,93, rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen 76,84 dan kelas kontrol 66,72 dengan statistik thitung = 7,21, rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen 69,54 dan kelas kontrol 61,03 dengan statistik thitung = 3,52. Dari uji t, diperoleh thitung < ttabel sehingga Ho di tolak dan Hi diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan bahan ajar elektronik interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi terhadap pencapaian kompetensi holistik siswa kelas X SMA N 13 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:46
Last Modified: 13 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24078

Actions (login required)

View Item View Item