Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti

Al-yafasy, Khairun Nisa (2018) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KHAIRUN_NISA_AL_YAFASY_1201420_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 3 lembah Gumanti belum menunjukkan hasil yang optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya kurangnya minat siswa dalam pembelajaran serta kurangnya sumber belajar yang mendukung. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi IPA Fisika siswa yaitu dengan mengunakan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran serta membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya. Bahan ajar yang digunakan pada penelitian ini adalah LKS berorientasi pendekatan demonstrasi interaktif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian meliputi pencapaian hasil belajar siswa pada tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh untuk kompetensi pengetahuan dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Data yang diperoleh untuk kompetensi sikap dan keterampilan dianalisis dengan menggunakan uji Chi Kuadrat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil analisis dari kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada kompetensi pengetahuan dan sikap nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada kompetensi pengetahuan dan sikap. Pada kompetensi keterampilan nilai kelas eksperimen tidak jauh berbeda daripada kelas kontrol. Hasil analisis data menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang berarti pada kompetensi keterampilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berorientasi pendekatan demonstrasi interaktif memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi pengetahuan dan sikap namun tidak memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:05
Last Modified: 12 Nov 2019 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item