Peningkatan Partisipasi Pikiran Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains

Efendi, Nofriza and Fitria, Yanti and Faridah, Faridah and Syahniar, Syahniar (2019) Peningkatan Partisipasi Pikiran Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 3 (3). pp. 882-893. ISSN Print: 2580-3735 dan Cetak: 2580-1147

[img]
Preview
Text
3. Terakreditasi basicedu vol3 no3 2019.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum sepenuhnya siswa berpartisipasi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Siswa belum banyak terlihat seperti mengemukakan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan para siswa kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat pada hasil rekapitulasi partisipasi pikiran siswa pada siklus I adalah 62,7% dengan kategori Cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan partisipasi pikiran siswa di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:08
Last Modified: 12 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item View Item