Mampukah Model Problem Based Learning meningkatkan Prestasi Belajar Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar?

Fitria, Yanti (2019) Mampukah Model Problem Based Learning meningkatkan Prestasi Belajar Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar? Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (1). pp. 83-91. ISSN Print: 26622-5069 dan Online: 2579-3403

[img]
Preview
Text
1. JIPPSD vol3 no 1 2019.pdf

Download (647kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki prestasi belajar siswa sekolah dasar. Mahasiswa semester dua jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) FIP UNP Padang terlibat sebagai subjek penelitian. Sebanyak 24 orang mahasiswa diberikan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek/sampel penelitian diberikan tindakan pembelajaran pada perkuliahan konsep dasar IPA.Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus. Temuan penelitian menujukkan hasil bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar mahasiswa dengan rata-rata pencapaian skor pada siklus satu sebesar 76,28 dan rata-rata skor pada siklus kedua sebesar 88,46. Terjadi peningkatan skor sebesar 86,75. Hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif meningkatkan prestasi belajar mahasiswa daripada pembelajaran mandiri. Dengan demikian pembelajaran IPA model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif model untuk memperbaiki prestasi belajar mahasiswa pada materi sistim pencernaan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Nov 2019 08:42
Last Modified: 11 Nov 2019 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24062

Actions (login required)

View Item View Item