Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Pelajaran IPA Terpadu Model Immersed dengan Tema Kelistrikan Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 34 Padang

Wiguna, Kemala Restu (2018) Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Pelajaran IPA Terpadu Model Immersed dengan Tema Kelistrikan Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KEMALA_RESTU_WIGUNA_14033088_4008_2018.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SMPdilakukan secara terpadu sesuai dengan amanat kurikulum 2013. Pembelajaran IPA terpadu merupakan pembelajaran yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dari berbagai bidang kajian Fisika, Biologi dan Kimia. Hasil observasi dan wawancara didapatkan kenyataan bahwa IPA diajarkan secara terpisah-pisah dan dari analisis buku materi IPA belum sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pada kondisi tersebut didapat hasil belajar IPA siswa secara klasikal belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu bahan bacaan yang memuat keterpaduan. Bahan bacaan berupa Buku Siswa Pelajaran IPA Terpadu Model Immersed dengan Tema Kelistrikan Makhluk Hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh buku siswa pelajaran IPA Terpadu Model Immersed dengan Tema Kelistrikan Makhluk HidupterhadapHasilBelajarPesertaDidikSMPN34Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experimental research). Bentuk rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitianiniadalah kelasVII.2 sebagaikelas eksperimen danKelas VII.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswakelas sampel 64 siswa. Datapada penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t kemudian dilakukan uji korelasi product moment penentuan besar pengaruh variabelbebasuntukkeduaaspekkompetensi. Berdasarkan analisis datayang telah dilakukan dapat dikemukakan duahasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan pada kelas eksperimen adalah 81,48 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 76,016. Hasil uji-t diperoleh hasil pelajaran memiliki thitung > ttabel. Hasil rata-rata keterampilan pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 79,8 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,5 hasil uji-t diperoleh hasil belajar memiliki thitung>ttabel dengan perbedaan kemampuan siswa signifikan pada taraf signifikan 0,05. Penggunaan buku siswa pelajaran IPA terpadu model immersed tema kelistrikan makhluk hidup memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen dengan kontribusi sebesar 17,3% sedangkan pada penggunaan buku siswa yang biasa digunakan disekolah hanya memberikan kontribusi sebesar 9,02%. Dengan demikian, pada penggunaan buku siswa pelajaran IPA terpadu model immersed dengan tema kelistrikan makhluk hidup memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap hasil belajar peserta didik daripada buku IPA yang digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:34
Last Modified: 11 Nov 2019 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24054

Actions (login required)

View Item View Item