Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X Semester II SMAN 1 Pariaman

Islamiah, Hayatul (2018) Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Gerak Harmonik Sederhana Kelas X Semester II SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HAYATUL_ISLAMIAH_1301631_4492_2018.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Saat ini belum ada sumber belajar yang dapat membantu siswa aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu kegiatan praktikum cenderung dilakukan demonstrasi di depan kelas, sehingga belum menuntut pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu sumber belajar yang dapat membantu keaktifan siswa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS dipadukan dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi momentum dan gerak harmonis sederhana kelas X SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian adalah Quasi Ekperimental Design dan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian siswa kelas X MIPA SMAN 1Pariaman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen X MIPA1 menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dan kelas kontrol X MIPA3 menggunakan LKS yang tidak mencantumkan sintaks inkuiri terbimbing.Teknik pengumpulan data kompetensi sikap menggunakan lembar penilaian diri dan antarteman, kompetensi pengetahuan melalui tes tertulis dan kompetensi keterampilan melalui penilaian unjuk kerja. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji t. Hasil uji thitung untuk aspek sikap penilaian diri sebesar 2,45 dan penilaian antarteman sebesar 2,21 pengetahuan sebesar 2,50 dan keterampilan sebesar 2,49 menunjukkan thitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel memiliki keberartian pada taraf nyata 0,05 dengan nilai thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbingterhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas X SMAN 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:20
Last Modified: 11 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item