Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Ramadanti, Novya (2019) Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Novya_Ramadanti_16026047_4348_2019.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang perilaku pencarian informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perilaku pencarian informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang; (2) hambatan dalam melakukan pencarian informasi di Perpustakaan Universitas Negeri Padang; (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam melakukan pencarian informasi di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Data dikumpulkan melalui penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner (angket) kepada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016. Sampel yang digunakan sebanyak 54 responden. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Hasil angket disusun dengan membuat rekapitulasi hasil penelitian. Analisisnya dengan mendeskripsikan hasil rekapitulasi dalam suatu uraian untuk memperjelas dari hasil angka sehingga mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan data tentang perilaku pencarian informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang dapat disimpulkan bahwa: perilaku pencarian informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tahun 2016 yaitu: ( 1) starting, perilaku mahasiswa dalam memulai mencari informasi mempunyai sikap yang berbeda-beda, dari ketiga tabel starting dapat disimpulkan sebagian besar mahasiswa sebanyak 70% mahasiswa langsung menuju ke rak koleksi untuk memulai mencari informasi yang dibutuhkannya; (2) chaining. Dari ketiga tabel pada perilaku chaining ini dapat disimpulkan bahwa sebanyak 72% mahasiswa menentukan topik informasi yang dibutuhkan, dan jarang membuat butir-butir penting dalam sebuah catatan kecil; (3) browsing. Dari ketiga tabel pada perilaku ini sebanyak 87% mahasiswa mencari informasi menggunakan internet; (4) differentiating. Pada perilaku ini sebagian besar mahasiswa sebanyak 84% mahasiswa mencari informasi yang relevan dengan kebutuhan informasi yang mereka butuhkan; (5) monitoring. Pada perilaku ini sebanyak 67% mahasiswa sering mencari tau informasi terbaru dari berbagai sumber (koran, majalah, jumal, buku); (6) extracting. Dari ketiga tabel pada perilaku ini bahwa sebanyak 78% mahasiswa sering mencari informasi yang asli; (7) verfying. Pada perilaku ini sebagian besar mahasiswa sebanyak 78% mahasiswa membandingkan informasi yang diperoleh dengan informasi yang lain. (8) ending. Akhir dari pencarian informasi sebanyak 85% mahasiswa menggunakan informasi yang diperolah sebagai bahan referensi untuk menunjang kebutuhan informasi mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:20
Last Modified: 11 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item