Jenis dan Proses Pembentukan Adjektiva Wama dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota

Amaral, Winda (2019) Jenis dan Proses Pembentukan Adjektiva Wama dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Winda_Amara_15017078_4242_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis adjektiva wama, dan (2) proses pembentukan adjektiva wama dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang di dalamnya terdapat adjektiva bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota. Sumber data penelitian ini adalah bahasa Minangkabau khususnya bahasa lisan masyarakat di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Teknik pengabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Untuk pengumpulan data digunakan metode simak dan metode cakap dengan teknik catat. Penganalisisan data dilakukan dalam bentuk kegiatan sebagai berikut: (1) mentranskripsikan data hasil rekaman ke dalam bahasa tulis, (2) mengidentifikasi data sesuai dengan format yang telah disediakan, (3) mengklasifikasikan data tersebut ke dalam jenis adjektiva wama, (4) melakukan penyimpulan data berdasarkan hasil penelitian. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan tiga wama dasar dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota. Tiga wama dasar tersebut dapat dipilah atas enam jenis pemakaiannya, yaitu: (1) berdasarkan nama binatang, (2) berdasarkan nama tumbuhan, (3) berdasarkan benda alam, (4) berdasarkan penglihatan, (5) berdasarkan anggota tubuh, (6) berdasarkan makanan. Kedua, adjektiva berdasarkan bentuknya terdiri atas dua proses pembentukan adjektiva wama dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota dalam, yaitu (1) adjektiva dasar, dan (2) adjektiva turunan yang ditemukan adalah adjektiva yang berkomposisi (majemuk)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24035

Actions (login required)

View Item View Item