Lendra, Nova (2019) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Laju Reaksi untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_7_NOVA_LENDRA_15035109_3004_2019.pdf Download (359kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah pada Kurikulum 2013 mengacu pada pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis discovery learning pada materi Laju Reaksi untuk kelas XI SMA/MA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Pada e-modul yang dihasilkan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang dosen kimia FMIP A UNP, dan 3 orang guru kimia (guru kimia SMAN 1 Hiliran Gumanti, guru kimia SMAN 1 Payung Sekaki, guru kimia SMAN 1 Danau Kembar). Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru kimia terse but dan 19 orang peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 1 Hiliran Gumanti tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket praktikalitas yang hasilnya akan dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi dengan rata-rata momen kappa 0,89 dengan tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas guru dan uji praktikalitas peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa secara berurutan adalah 0,90 dan 0,87 dengan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Kata Kunci: E-Modul, Discovery Learning, Laju Reaksi, Model 4-D.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 03:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 03:08 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24029 |
Actions (login required)
View Item |