Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia.

Setiani, Novenia (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ NOVENIA_SETIANI_15035074_2019.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut hasil be lajar peserta didik sekolah menengah ditingkatkan untuk berpikir tingkat tinggi pada ranah kognitif yaitu pada level analisis, sintesis dan evaluasi. Namun, pada proses pembelajaran guru hanya berfokus pada hasil belajar saja bukan pada pengembangan keterampilan berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ikatan kimia, serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas dari LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment phase). LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia ini divalidasi oleh 5 orang validator terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMAN 1 Padang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 26 orang siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Padang dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,85, 0,93 dan 0,75. LKPD yang dihasilkan sangat valid dan praktis untuk digunakan. Kata kunci: LKPD, Ikatan Kimia, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan berpikir kritis, Model Plomp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24028

Actions (login required)

View Item View Item