Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA

Yondriadi, Yondriadi (2019) Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YONDRIADI_15035049_2852_2019.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Struktur atom merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari oleh peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA). Materi struktur atom masih kurang dipahami oleh beberapa orang peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul struktur atom berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri atas 3 tahapan, yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment phase). Modul ini divalidasi oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru kimia SMA. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia SMA dan 34 orang peserta didik kelas X MIPA 1 di SMAN 3 Pariaman. Data validitas dan praktikalitas dianalisis dengan momen cohen 's kappa (k). Berdasarkan hasil validitas modul dari expert review diperoleh nilai rata-rata momen kappa 0,86 dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil praktikalitas modul dari peserta didik pada tahap small group diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,85 dengan kategori praktikalitas sangat tinggi. Sedangkan praktikalitas modul dari guru dan peserta didik pada tahap field test diperoleh nilai rata-rata momen kappa (k) secara berturut-turut adalah 0,90 dan 0,84 dengan kategori praktikalitas sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul struktur atom berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Kata kunci : Struktur Atom, Modul, Guided Discovery Learning, Research and Development (R&D), Model Plomp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item View Item