Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle SE terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti

Taufikurrahman, Taufikurrahman (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle SE terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TAUFIKURRAHMAN_15029019_3177_2019.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan rendahnya hasil analisis pemahaman konsep matematis yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis dengan baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik diperlukan suatu model dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah learning cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan untuk mengetahi dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti tahun pelajaran 2018/2019. J enis penelitian ini adalah gabungan eksperimen semu dan penelitian deskriptif dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti dengan kelas eksperimen VII A dan kelas kontrol VII E. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuis dan tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil kuis, terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran learning cycle 5E, dan berdasarkan analisis data, terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,00 karena P-value < a, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematis peserta yang belajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Pemahaman konsep matematis, Model Pembelajaran Langsung, Model Pembelaj aran Learning Cycle 5E

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:47
Last Modified: 07 Nov 2019 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item